Kamis, 19 Mei 2011

Bahasa Mata


Ungkapan mengatakan, mata adalah jendela jiwa. Dengan menatap mata seseorang, kita bisa mengungkap banyak tentang orang tersebut. Bagaimanapun, kita tak bisa mengendalikan bagian-bagian mata, pupil misalnya. Berikut, makna bahasa tubuh mata :

Pupil
Bagian dari bahasa tubuh mata yang praktis tak bisa diatur atau dikendalikan. Ukuran pupil membesar ketika kita tertarik pada seseorang yang sedang bicara dengan kita atau benda yang sedang kita lihat.

Mengedipkan Mata
Selain kebutuhan instintif untuk mengedipkan mata, emosi dan perasaan terhadap seseorang yang bicara dengan kita dapat membuat kecepatan mengedipkan mata. Mengedipkan mata rata-rata lebih dari 6 - 10 kali permenit merupakan indikator baik, orang tersebut tertarik pada orang yang diajak bicara dan menggunakan tanda ini untuk merayu.

Menangis
Dalam kebanyakan budaya di seluruh dunia, menangis dianggap disebabkan mengalami emosi ekstrim, biasanya dikaitkan dengan sedih atau berduka. Padahal sering pengalaman ekstrim seperti kebahagiaan dan humor, juga bisa membuat orang menangis. Tangis yang dipaksakan untuk menarik simpati atau mengakali orang lain dikenal sebagai air mata buaya, ungkapan mitos yang mengatakan buaya menangis ketika menangkap mangsanya.

Kontak Mata
Secara umum, dalam masyarakat barat dan kebanyakan budaya lainnya, kontak mata dengan orang diharapkan teratur, tapi tidak terlalu lama. Kontak mata yang terus menerus atau terlalu lama sering dianggap sebagai upaya untuk mengintimidasi, membuat orang yang jadi obyek tatapan lama menjadi tidak nyaman. Bahkan antara manusia dan non manusia, kontak mata lama tidak disarankan. Kontak mata yang terlalu lama juga menandakan kesadaran yang terlalu berlebihan atas pesan yang mereka pancarkan. Dalam kasus seseorang yang mencoba menipu orang lain, mereka mungkin mengubah kontak mata mereka sehingga mereka tidak menghindarinya. Indikator yang diakui secara luar berdusta.

Menghindari kontak mata
Ada berbagai alasan yang membuat kita tidak menatap mata seseorang. Kemungkinan kita merasa malu untuk melihatnya jika kita tidak jujur atau mencoba menipu mereka.
Sebuah studi tanya jawab menerangkan, bahwa orang yang mempertahankan kontak mata berkemungkinan lebih kecil menemukan jawaban yang tepat pada sebuah pertanyaan dibanding yang melihat ke tempat lain untuk memikirkan jawaban.

Arah pandangan mata
Apa yang dikatakan arah pandangan mata seseorang tentang perasaan atau pemikirannya?. Kemungkinan hanya benda atau sesuatu yang dilihat mereka. Yang harus diperhatikan adalah arah pandangan mata seseorang ketika mereka berpikir. Melihat kekiri menunjukkan mereka mencoba mengingat sesuatu. Melihat ke kanan. sebaliknya menunjukkan pikiran yang lebih kreatif dan ini sering diterjemahkan sebagai tanda potensial seseorang mencoba menipu dalam berbagai situasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar