Sabtu, 07 Mei 2011

Pembebasan Lahan Tol Kunciran-Bandara

Pemerintah Kota Tangerang akan membebaskan lahan untuk pembangunan jalan tol lingkar luar Jakarta (JORR) II rute Bandara Soekarno-Hatta-Kunciran, Kota Tangerang paling lambat akhir Mei 2011.

Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Harry Mulya Zein, mengatakan secara fisik pembangunan JORR sepanjang 14,191 kilometer dengan luas 128, 21 hektare tersebut akan direalisasikan pada 2012.

"Akhir Mei ini, proyek JORR II Itu akan kami sosialisasikan, termasuk pembebasan lahannya karena pembangunannya akan dimulai pada 2012 mendatang," kata Harry, Kamis, 5 Mei 2011.

Harry mengatakan proyek JORR II merupakan kerja sama Pemerintah Kota Tangerang dan Pemerintah Pusat dengan melibatkan pihak ketiga sebagai pemegang sumber dananya. Pemerintah Kota Tangerang, menurut Harry, hanya sebagai fasilitator termasuk panitia pembebasan lahan. Adapun rute JORR II akan menembus pintu tol Sedyatmo.

Lima kecamatan akan terkena pembebasan lahan, yakni Kecamatan Pinang, Cipondoh, Tangerang Kota, Batuceper, dan Benda. Jalan tol Bandara-Kunciran itu terbagi dalam empat seksi.

Seksi pertama Simpang Susun Benda—Simpang Susun Husein Sastranegara sepanjang 2,10 kilometer.

seksi kedua Simpang Susun Husein Sastranegara—Benteng Betawi sepanjang 6,633 kilometer

seksi tiga Benteng Betawi—Simpang Susun Tirtayasa sepanjang 3,757 kilometer dan Simpang Susun Tirtayasa—Kunciran sepanjang 1,701 kilometer.

"Dengan adanya tol ini akan memecah kemacetan di Kota Tangerang dan membuka akses masyarakat setempat menuju bandara," kata Harry, yang juga Ketua Tim Panitia Sembilan pembebasan lahan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Kota Tangerang, Dadang Durachman, mengatakan pembangunan jalan tol ini tertunda sejak 2010. Semestinya, kata dia, investor dari Malaysia yang akan membangun JORR II ini, tetapi setelah dilakukan verfikasi oleh Pemerintah Pusat, ternyata investor tersebut tidak memiliki dana untuk pembangunan jalan tol itu. "Kemudian dilakukan tender ulang dan dimenangkan PT Jasa Marga," kata Dadang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar